manfaat rebung untuk kesehatan

                                         rebung1

            Apakah Anda sudah mengkonsumsi serat hari ini?  dengan mengkonsumsi serat  sekitar 10,5 gram per harinya, Jelas masih kurang karena kebutuhan ideal  yang harus dicukupi  ialah sebanyak 30 gram serat perharinya, memang kekurangan serat pada tubuh manusia tidak  akan menimbulkan gejala yang spesifik, tidak seperti kekurangan zat-zat lainnya, tapi, tetap  saja  ketercukupannya harus selalu dipenuhi untuk meningkatkan kinerja metabolisme tubuh.  Namun dalam beberapa penelitian yang dilakukan, telah ditemukan bahwa kekurangan  serat ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit, waww..!!  Kekurangan serat dapat  menyebabkan  terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis, diabetes melitus,  jantung koroner,  hiperkolesterolemia, kanker kolon (usus besar), dan lainnya.

Perlu Anda ketahui, Serat pangan merupakan senyawa yang berbentuk karbohidrat kompleks dan biasanya banyak terdapat pada dinding sel tanaman pangan, Serat pangan memang tidak dapat dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan, namun fungsinya sangat penting untuk memelihara tingkat kesehatan manusia guna mencegah serangan berbagai jenis penyakit dan merupakan komponen penting dalam terapi gizi.

Selain sayuran adakah referensi lainnya, jika kita suka camilan? ya Rebung, atau dalam bahasa Jawa disebut “Bung” yaitu tunas bambu muda yang tumbuh dari akar bambu dengan teksturnya masih lembut (belum keras). Rebung paling sering dibuat menjadi sayur, baik dioseng ataupun dengan kuah santan, dan juga sering kita jumpai dalam camilan Khas Semarang..ya LOENPIA PANDANARAN.

Biasanya umur rebung yang masih bisa dikonsumsi atau dimasak adalah rebung yang berusia kurang dari dua bulan, karena kalau usianya sudah lebih dari itu biasanya rebung sudah keras sehingga tidak enak lagi kalau dikonsumsi.

Dengan Mengkonsumsi Rebung, bisa menjadi sebuah solusi untuk memenuhi ketercukupan serat setiap hari. ya..Rebung sangat kaya dengan serat pangan sebanyak 2,56 persen. Kandungan seratnya sendiri lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran tropis lainnya seperti: Ketimun (0,61%), Sawi (1,01%), Kedelai (1,27%), Pecay (1,58%), dan lainnya.

Selain itu juga terdapat 640 mg kalium, jumlah ini setara dengan 1,5 kali lebih banyak kandungan kalium pada buah pisang. Kalium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menggerakkan otot, menjaga tekanan darah serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kekurangan kalium dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot.

Rebung juga diperkaya dengan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, seng, kromium dan zat besi. Kandungan lainnya yang ada pada rebung adalah vitamin. Seperti vitamin A, B6, dan E. Makanan ini juga mengandung 17 asam amino protein. Karena itu rebung bersifat sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas. Demikian menurut Amelinda Angela, STP, peneliti dari Nutrifood Research Centre.

Makanan yang kaya akan kalium, minimal 400 mg, sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke. Penderita stroke seringkali didapati mengalami defisiensi mineral ini.

Selain itu, orang yang menderita kekurangan kalium, biasanya akan menderita pelunakan otot. Makanya, Anda mesti mencukupi kebutuhan kalium sehari-hari, misalnya, dengan mengonsumsi Rebung, termasuk LOENPIA PANDANARAN.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s